Wednesday, December 18, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » Sejarah ISO 9000

Sejarah ISO 9000

Persiapan ISO SMKN2 Tanjungbalai

Sejarah ISO 9000

Diterbitkan pertama kali pada tahun 1987
Telah mengalami perubahan/revisi sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 1994, tahun 2000, dan tahun 2008 Dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) Berkedudukan di Geneva, Swiss Beranggotakan > 150 negara Diadopsi oleh seluruh negara anggota ISO menjadi standar nasional pada masing-masing negara anggota. Indonesia telah menjadi salah satu anggota dari lembaga ISO 


Perkembangan ISO 9000  
Tahun 1987 : terbit pertama kali dengan standar
  • ISO 9001 : Disain, Produksi, Instalasi dan Pelayanan (20 elemen)
  • ISO 9002 : Produksi & Instalasi (18 elemen) 
  • ISO 9003 : Inspeksi & Tes (12 elemen)
Tahun 1994 : revisi pertama dengan standar
  • ISO 9001 : Disain, Produksi, Instalasi dan Pelayanan (20 elemen) 
  • ISO 9002 : Produksi, Instalasi dan Pelayanan (19 elemen) 
  • ISO 9003 : Inspeksi & Tes (16 elemen)
    Tahun 2000 : revisi kedua dengan standar
  • ISO 9001 : Persyaratan Sistem Manajemen Mutu (Pendekatan Proses)
    Tahun 2008 : revisi ketiga dengan standar 
  • ISO 9001 : Persyaratan Sistem Manajemen Mutu (Pendekatan Proses)

Standard ISO 9000 versi 2008 

Standar - ISO 9001:2008
  • Disusun dengan menggunakan Pendekatan Proses (Process Approach)
  • Penekanan Tujuan pada :  Kepuasan Pelanggan, Peningkatan Berkelanjutan

Keluarga ISO 9000 : 2000

Keluarga ISO 9000 : 2000
  • ISO 9000 - Sistem Manajemen Mutu   Dasar Acuan dan Kosa Kata  
  • ISO 9001 - Sistem Manajemen Mutu   Persyaratan 
  • ISO 9004 - Sistem Manajemen Mutu   Panduan untuk Peningkatan Kinerja 
  • ISO 19011 - Panduan untuk Audit Sistem Manajemen Mutu dan Lingkungan
Hubungan ISO 9001 : ISO 9004
  • Berpasangan secara konsisten sebagai Standar Sistem Manajemen Mutu 
  • Dapat digunakan secara sendiri maupun saling mengisi.
Hubungan Dengan Standar Lain
  • Saling berintegrasi dengan sistem manajemen lain. 
  • Khusus dengan ISO 14001, saling berkaitan untuk pengabungan standar agar lebih bermanfaat pada pengguna 
  •  Pelaksanaan audit yang dilakukan bersamaan dengan adanya ISO 19011.
Persyaratan ISO 9001:2008 
  1. Dikembangkan dengan memperhatikan 8 Prinsip Manajemen Mutu 
  2. Disusun dengan pola Pendekatan Proses (Process Approach) yaitu : Suatu sistematika identifikasi dan pengaturan proses dan interaksi antar proses tersebut.” 
  3. Penekanan Tujuan pada : Pencapaian Kepuasan Pelanggan

No comments:

Post a Comment