Wednesday, December 18, 2013
Browse Manual »
Wiring »
9000
»
iso
»
sejarah
»
Sejarah ISO 9000
Sejarah ISO 9000
Sejarah ISO 9000
Diterbitkan pertama kali pada tahun 1987Telah mengalami perubahan/revisi sebanyak 3 kali yaitu pada tahun 1994, tahun 2000, dan tahun 2008 Dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) Berkedudukan di Geneva, Swiss Beranggotakan > 150 negara Diadopsi oleh seluruh negara anggota ISO menjadi standar nasional pada masing-masing negara anggota. Indonesia telah menjadi salah satu anggota dari lembaga ISO
Perkembangan ISO 9000
Tahun 1987 : terbit pertama kali dengan standar
- ISO 9001 : Disain, Produksi, Instalasi dan Pelayanan (20 elemen)
- ISO 9002 : Produksi & Instalasi (18 elemen)
- ISO 9003 : Inspeksi & Tes (12 elemen)
Tahun 1994 : revisi pertama dengan standar
- ISO 9001 : Disain, Produksi, Instalasi dan Pelayanan (20 elemen)
- ISO 9002 : Produksi, Instalasi dan Pelayanan (19 elemen)
- ISO 9003 : Inspeksi & Tes (16 elemen)
- ISO 9001 : Persyaratan Sistem Manajemen Mutu (Pendekatan Proses)
- ISO 9001 : Persyaratan Sistem Manajemen Mutu (Pendekatan Proses)
Standard ISO 9000 versi 2008
Standar - ISO 9001:2008
- Disusun dengan menggunakan Pendekatan Proses (Process Approach)
- Penekanan Tujuan pada : Kepuasan Pelanggan, Peningkatan Berkelanjutan
Keluarga ISO 9000 : 2000
Keluarga ISO 9000 : 2000- ISO 9000 - Sistem Manajemen Mutu Dasar Acuan dan Kosa Kata
- ISO 9001 - Sistem Manajemen Mutu Persyaratan
- ISO 9004 - Sistem Manajemen Mutu Panduan untuk Peningkatan Kinerja
- ISO 19011 - Panduan untuk Audit Sistem Manajemen Mutu dan Lingkungan
Hubungan ISO 9001 : ISO 9004
- Berpasangan secara konsisten sebagai Standar Sistem Manajemen Mutu
- Dapat digunakan secara sendiri maupun saling mengisi.
Hubungan Dengan Standar Lain
- Saling berintegrasi dengan sistem manajemen lain.
- Khusus dengan ISO 14001, saling berkaitan untuk pengabungan standar agar lebih bermanfaat pada pengguna
- Pelaksanaan audit yang dilakukan bersamaan dengan adanya ISO 19011.
Persyaratan ISO 9001:2008
- Dikembangkan dengan memperhatikan 8 Prinsip Manajemen Mutu
- Disusun dengan pola Pendekatan Proses (Process Approach) yaitu : “Suatu sistematika identifikasi dan pengaturan proses dan interaksi antar proses tersebut.”
- Penekanan Tujuan pada : Pencapaian Kepuasan Pelanggan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment